Kamis, 09 Oktober 2014

Post 5 (Software)

SOFTWARE

Apa itu Software ?
Software adalah sekumpulan instruksi komputer maupun data yang dapat disimpan secara digital. Software tidak dapat berdiri sendiri karena selalu berkaitan dengan hardware. Software juga mempunyai banyak macam, yaitu :
  • Perangkat Lunak Sistem 
Perangkat Lunak Sistem adalah sistem operasi dan semua peralatan lain yang dapat membuat    komputer dapat bekerja. Semua software yang mengatur dan mengendalikan hardware sehingga aplikasi dapat bekerja. Contohnya adalah Windows, MacOS, Linux, iOS, Android. Peralatan yang digunakan adalah Command Prompt, driver, terminal, sudo, dll.
  •   Aplikasi
Aplikasi adalah semua software yang melakukan pekerjaan untuk pengguna. Contohnya pavroll, MS Word, MS Excel, MS Power Point, MS Access, dll.
  •  Perangkat Lunak Open Source
Perangkat Lunak Open Source adalah software yang kode sumbernya dirilis di bawah lisensi tertentu yang mengizinkan siapa saja untuk menggunakan, mengubah, meningkatkan software, mendistribusikan ulang software dalam keadaan asli maupun sudah dimodifikasi. Contoh lisensinya adalah GPL, Creative Commons (CC). Contoh softwarenya adalah Linux(Ubuntu), Open Office, Gim, Audicity, dll.
  •  Perangkat Lunak Proprietary
Disebut juga perangkat lunak tidak gratis. Software dengan batasan pada penggunaan, penyalinan dan pengubahan, yang sudah ditentukan oleh pencipta software itu sendiri. Batasan dapat diberlakukan baik secara hukum, teknis, maupun keduanya. 

Editor Teks
Biasa disebut dengan software pengolahan kata, digunakan untuk pengetikan dan dapat juga mengandung elemen multimedia. Aplikasi yang digunakan untuk mengedit dokumen, membuat surat atau dokumen resmi lainnya. Beberapa fitur yang biasa terdapat pada software pengolahan kata adalah pengecek ejaan, tesaurus, pencetakan, dsb. Contoh software pengolahan yang sering kita temui adalah Microsoft Word, Google Docs, dsb.
Alat Grafik
Dibagi menjadi 3, yaitu :
  • Alat Menggambar
Alat menggambar ini kebanyakan menggunakan gambar bitmap. Contoh software untuk menggambar bitmap yaitu Adobe Photoshop, Paint.Net,GIMP, dll. Selain itu ada juga software untuk menggambar vektor yaitu Adobe Illustrator, Coreldraw, dsb. Dalam kedua software tersebut juga terdapat berbagai macam fitur seperti brush, pen, eyedropper, paint bucket, dsb.
  • Alat Modeling 3D
Banyak sekali fitur yang terdapat pada Modeling 3D ini, contohnya :
  1. Manajemen palet dan warna
  2. Kamera tidak terbatas, jendela dimensi
  3. Extrude, lathe
  4. Objek primitif (balok, bola)
  5. Warna, texture mapping
  6. Efek partikel
  7. Pencahayaan
  8. Animasi 
Contoh software 3d yang sering digunakan adalah Autodesk 3ds Max, Maya, dll
  • Editor Gambar
Editor gambar adalah software yang dirancang untuk memperbaiki gambar bitmap. Biasanya fitur yang ditawarkan adalah masking, cropping, konversi ke tipe file yang lain, memberi effect pada sebuah gambar, dsb. Contoh editor gambar yang sering digunakan adalah Adobe Photoshop, Picasa, Adobe Lightroom, dsb.


Editor Suara 

  • Membuat pengguna dapat “melihat” suara (dalam bentuk grafik sinyal suara) serta mendengar suara
  • Pengguna dapat membuat suara sendiri, misalnya digunakan untuk suara sistem, efek suara pada permainan, dsb. 
Contoh: MAGIX Music Maker, WavePad, AVS Audio Editor, Audacity, Wavosaur, dsb. 


Editor Animasi, Video, dan Film Digital 

  • Editor film/video memanfaatkan beberapa format film yang umum (contoh: AVI, QuickTime, WMV)
  • Biasanya membutuhkan ruang disk yang besar
  1. Sebaiknya lalukan disk defragment sebelum mengolah video berukuran besar
  2. Sebaiknya kompres berkas video sebelum dikirimkan ke tempat lain (misalnya : email, 4shared, YouTube, dsb.)

Sumber : Slide Power Point Perangkat Lunak Week 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar