Kamis, 09 Oktober 2014

Post 1 (Introduction + Benda Penerapan Multimedia)

Introduction


Cave Art : Seni ini dibuat oleh manusia purba yang mengandung gambar,motif,maupun desain yang terletak dalam dinding gua. Lukisan tersebut biasanya menceritakan apa yang dilihat oleh manusia purba, misalnya binatang yang ada disekitar maupun aktivitas manusia purba.
 source :google.com





Relief : Merupakan seni pahat dan ukiran 3 dimensi yang biasanya dibuat diatas batu. Relief bisa merupakan ukiran yang berdiri sendiri, maupun bagian dari relief yang lain yang membentuk suatu cerita ataupun ajaran agama tertentu.  
  source :google.com




Jewerly : Sebagai bangsa yang cinta akan kemewahan, bangsa Etruria menghasilkan perhiasan yang mewah seperti anting, liontin, gelang, dan kalung. Namun cara mereka membuat perhiasan tersebut belum diketahui hingga kini.
  source :google.com
 
 
 
Keramik : suatu seni yang dihasilkan dari tanah liat yang dibakar. Contohnya gerabah, genteng, porselin dan lain-lain.

source :google.com
 
 
 
 
 
 
 
 
 Lukisan pada langit-langit kapel : Seni yang menggambarkan suatu cerita yang dilukis pada langit-langit kapel. Salah satu lukisan yang terkenal adalah di Vatican oleh Michael Angelo.

source :google.com





Patung : benda 3d yang diakui sebagai suatu karya seni. Pembuatan patung ini bertujuan untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan lama. Salah satu patung yang terkenal adalah "The Thinker" karya Auguste Rodin.

  source :google.com






Pop art advertisement : suatu bentuk promosi yang berdasar pada seni pop art yaitu seni yang didasarkan pada budaya popular modern yang memakai gambar dan objek dari kehidupan nyata.
  source :google.com








 Billboard advertisement : suatu bentuk promosi iklan luar ruang dengan ukuran besar. Termasuk model iklan luar yang paling banyak digunakan.
 
  source :google.com
 
 
 
Abacus (Sempoa): digunakan oleh bangsa Yunani sekitar 500 tahun sebelum masehi. 
Terbuat dari rangka kayu, berfungsi seperti kalkulator namun hanya untuk mengoperasikan penjumlahan,pengurangan, perkalian, dan pembagian.
Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia adalah penyampaian informasi yang mengkombinasikan antara teks, grafik,audio,gambar,video, dan animasi. source :google.com




BENDA PENERAPAN MULTIMEDIA

Mengapa Kelompok kami memilih laptop dan handphone?
Tentu saja dikarenakan kedua benda ini sangat akrab sekali dengan kita. Selain itu, perkembangan kedua benda ini juga semakin pesat dan tidak akan ada habisnya. Sehingga kami berpikir 2 benda multimedia ini sangat menarik untuk diposting dan dibahas pada blog tugas PTT(Pengantar Teknologi dan Telematika) ini.
Apa saja komponen multimedia yang terdapat di dalamnya? 
Secara garis besar handphone dengan laptop mengandung komponen multimedia yang hampir sama. Seperti contohnya suara, gambar, teks, animasi, serta video. Namun menurut kami, laptop mempunyai komponen multimedia yang lebih kompleks daripada handphone. Contohnya pada laptop, kita tidak hanya menikmati komponen yang ada, namun juga dapat membuat komponen tersebut sesuai dengan keinginan kita. Contohnya komponen teks yang ditawarkan pada laptop lebih lengkap, kita dapat mengatur jenis font, ukuran font serta tata paragraf teks tersebut. Yang sejauh ini handphone dapat mengatur komponen teks tersebut dengan terbatas. Lalu dalam komponen animasi, mungkin dalam handphone kita hanya dapat menikmati animasi tersebut. Namun pada laptop kita dapat membuat animasi tersebut lebih menarik bahkan sesuai dengan keinginan kita.
Apa kegunaan benda tersebut dalam kehidupan sehari-hari? Bagaimana Multimedia membantu benda tersebut?
Tidak dapat kita pungkiri, laptop dan handphone memiliki banyak kegunaan. Contohnya handphone yang kini bentuk,model,dan warnanya sangat beragam. Harganya juga semakin terjangkau dan fitur yang kita dapatkan juga semakin canggih. Sudah jelas fungsi utama dari sebuah handphone adalah untuk  komunikasi. Fungsi lainnya adalah mencari informasi, mendengarkan musik, memotret dan merekam video, alarm,  bermain game untuk menghilangkan rasa bosan dan masih banyak lagi. Tentu saja ini juga tidak lepas dari peran multimedia untuk membuat gadget ini menjadi semakin menarik. Contohnya tampilan user interface dalam handphone itu sendiri, yang terdiri dari teks, grafik, maupun gambar. 

Yang kedua adalah laptop, benda yang kini telah menjadi kebutuhan primer manusia modern ini juga mempunyai banyak kegunaan untuk mahasiswa seperti kita. Contohnya untuk mengerjakan tugas (pastinya), menonton film bajakan, komunikasi, mencari informasi, bermain game, mengedit video dan masih banyak kegunaan yang lainnya. Multimedia membantu laptop untuk menyampaikan suatu data menjadi lebih menarik dengan komponen yang dimiliki oleh multimedia contohnya animasi, suara, teks, gambar, hingga video.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar