Animasi
“Animasi”…. ?
Animasi berasal dari kata anima
yang berarti memberi kehidupan pada sesuatu. Animasi dapat diartikan sebagai
proses pemberian “nyawa” / menghidupkan sesuatu yang tak hidup / benda mati.
Animation History
-
Sejak jaman dahulu, manusia cenderung untuk
merekam kegiatan sekitarnya. Hal ini dapat dilihat dari ditemukannya
lukisan-lukisan gua yang mendokumentasikan gerak cepat dari binatang-binatang
seperti bison atau kuda.
-
Pada akhir abad ke-19 ditemukan kamera yang
dapat merekam gambar secara runtut yang merupakan cikal bakal kamera saat ini.
Penemu kamera tersebut selalu merekam kejadian apapun di sekitar mereka.
-
Awal abad 20 Disney membuat animasi fullcolor
dan suara pertama dengan karakter utama Mickey Mouse.
-
Setelah itu, Animasi perlahan berjalan
beriringan dengan Industri Film.
-
Setelah PD II teknologi komputer melejit, hal
ini mempengaruhi industri animasi .

-
Industrial Light and Magic, Pacific Data Images,
Pixar, and Dreamworks adalah studio animasi yang mengembangkan animasi komputer
pada tingkat tertinggi

DISNEY’S 12 PRINCIPLES OF ANIMATION
1.
Squash and Stretch
2.
Anticipation
3.
Staging
4.
Pose to Pose
5.
Follow Through and Overlapping Action
6.
Slow In and Slow Out
7.
Arcs
8.
Secondary Action
9.
Timing
10.
Exaggeration
11.
Solid Drawing
12.
Appeal
Metode Animasi
1.
Classic Animation
-
Pertama kali digunakan oleh Disney terutama pada
animasi-animasi awal
-
Menggunakan plastik transparan yang disebut
dengan ‘sel’
-
Sel ini berfungsi sebagai layer yang menampung
objek animasi seperti karakter, background, properti dll
-
Dari tiap sel ditata pada satu dudukan lalu di
foto per frame
-
Cocok untuk animasi kartun 2D.
2.
Stop-Motion Animation
-
Animasi dengan cara menangkap objek dengan fps
tertentu
-
Metode stop motion ini dapat digunakan pada
banyak media (contoh orang, clay, dan objek-objek di sekitar kita lainnya)
-
Pada objek manusia , stop motion dapat digunakan
untuk mendapatkan gerakan yang tidak mungkin dilakukan manusia.
3.
Computer Generated Animation
-
Metode animasi yang paling banyak digunakan saat
ini
-
Memecahkan banyak batasan dari metode-metode
sebelumnya
-
Contoh :
>
Objek bisa dimodel langsung di komputer dengan bentuk apapun
>
Gerakan animasi apapun dapat diraih
>
Pengaturan kamera sangat tidak terbatas (kalau dahulu kamera merupakan properti
yang cukup mahal)
-
Bisa pake banyak style (mau 3D, 2D, Realis,
semua bisa diraih)
-
Tapi ingat, dalam metode ini yang paling
dibutuhkan adalah skill dari pengoperasian komputer. Semakin besar skillnya
semakin banyak animasi yang bisa dibuat.
-
Karena semuanya sudah dipermudah, dalam animasi
saat ini yang terjadi adalah perang konsep dan kreativitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar