Rabu, 10 Desember 2014

post 9 (animasi)

Animasi

“Animasi”…. ?
Animasi berasal dari kata anima yang berarti memberi kehidupan pada sesuatu. Animasi dapat diartikan sebagai proses pemberian “nyawa” / menghidupkan sesuatu yang tak hidup / benda mati.
                                    
Animation History

-          Sejak jaman dahulu, manusia cenderung untuk merekam kegiatan sekitarnya. Hal ini dapat dilihat dari ditemukannya lukisan-lukisan gua yang mendokumentasikan gerak cepat dari binatang-binatang seperti bison atau kuda.

-          Pada akhir abad ke-19 ditemukan kamera yang dapat merekam gambar secara runtut yang merupakan cikal bakal kamera saat ini. Penemu kamera tersebut selalu merekam kejadian apapun di sekitar mereka.

-          Awal abad 20 Disney membuat animasi fullcolor dan suara pertama dengan karakter utama Mickey Mouse.

-          Setelah itu, Animasi perlahan berjalan beriringan dengan Industri Film.

-          Setelah PD II teknologi komputer melejit, hal ini mempengaruhi industri animasi .


-          2001 : A Space Odyssey merupakan kolaborasi film dan animasi pertama yang dilakukan pada tahun 70an.











-          Industrial Light and Magic, Pacific Data Images, Pixar, and Dreamworks adalah studio animasi yang mengembangkan animasi komputer pada tingkat tertinggi


-          Toy Story (1995) adalah titik revolusi perubahan film animasi dari old model menjadi 100% buatan komputer.











DISNEY’S 12 PRINCIPLES OF ANIMATION

1.       Squash and Stretch
2.       Anticipation
3.       Staging
4.       Pose to Pose
5.       Follow Through and Overlapping Action
6.       Slow In and Slow Out
7.       Arcs
8.       Secondary Action
9.       Timing
10.   Exaggeration
11.   Solid Drawing
12.   Appeal

Metode Animasi

1.       Classic Animation





-          Pertama kali digunakan oleh Disney terutama pada animasi-animasi awal
-          Menggunakan plastik transparan yang disebut dengan ‘sel’
-          Sel ini berfungsi sebagai layer yang menampung objek animasi seperti karakter, background, properti dll
-          Dari tiap sel ditata pada satu dudukan lalu di foto per frame
-          Cocok untuk animasi kartun 2D.

2.       Stop-Motion Animation

-          Animasi dengan cara menangkap objek dengan fps tertentu
-          Metode stop motion ini dapat digunakan pada banyak media (contoh orang, clay, dan objek-objek di sekitar kita lainnya)
-          Pada objek manusia , stop motion dapat digunakan untuk mendapatkan gerakan yang tidak mungkin dilakukan manusia.

3.       Computer Generated Animation

-          Metode animasi yang paling banyak digunakan saat ini
-          Memecahkan banyak batasan dari metode-metode sebelumnya
-          Contoh :
                > Objek bisa dimodel langsung di komputer dengan bentuk apapun
                > Gerakan animasi apapun dapat diraih
                > Pengaturan kamera sangat tidak terbatas (kalau dahulu kamera merupakan properti yang cukup mahal)
-          Bisa pake banyak style (mau 3D, 2D, Realis, semua bisa diraih)
-          Tapi ingat, dalam metode ini yang paling dibutuhkan adalah skill dari pengoperasian komputer. Semakin besar skillnya semakin banyak animasi yang bisa dibuat.

-          Karena semuanya sudah dipermudah, dalam animasi saat ini yang terjadi adalah perang konsep dan kreativitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar