Rabu, 10 Desember 2014

post 6 (audio)

Sound ….. ?

Kali ini kami akan membahas tentang sound atau suara. Nah suara itu adalah fenomena fisik yang dihasilkan oleh getaran benda atau getaran suatu benda yang berupa sinyal analog dengan amplitudo yang berubah secara kontinyu terhadap waktu, suara berhubungan erat dengan rasa ‘mendengar’. Dalam multimedia suara bisa berupa Digitally Recorded Audio atau MIDI (Musical Instrumental Digital Interface) music



Digital Audio …. ?


Digital Audio dibuat ketika gelombang suara direpresentasikan menggunakan angka, proses ini disebut digitizing. Digital audio merupakan device independent yang berarti dimanapun kalian mendengarnya suaranya tetap sama.





MIDI ….?


MIDI adalah suatu musik yang dihasilkan dengan alat musik virtual meskipun dari hasil audionya tak sehalus oleh alat musik yang asli namun keunggulan midi adalah dari suara yang dihasilkan adalah kejernihan dan terdengar begitu seimbang dari suara yang kecil dengan nada tingi ataupun rendah. MIDI juga banyak digunakan dalam berbagai peralatan alat komunikasi seperti hp sebab dengan memerlukan kapasitas yang begitu kecil namun menghasilkan suara yang begitu bagus.





Audio file formats

Macam – macam Format Audio

1.        WAVEFORM AUDIO
                Ekstensi : .wav atau .wv
2.       AAC (Advanced Audio Coding)
                Ekstensi : .m4a, .m4b, .m4p, .m4v, .m4r, .3gp, .mp4, .aac
3.       MPEG Layer 3 (MP3)
                Ekstensi : .mp3
4.       Audio Interchange File Format
                Ekstensi : .aiff, .aif, .aifc
5.       Audio CD
                Ekstensi : .cda
6.       MIDI (Music Instrument Digital Interface)
                Eksistensi : .mid
7.       Windows Media Audio
                Eksistensi : .wma

MIDI VS Digital Audio

1.       MIDI adalah device dependent sedangkan digital audio adalah device independent.
2.       MIDI berukuran lebih kecil dibandingkan digital audio.
3.       MIDI tidak memiliki kualitas pemutaran yang konsisten sementara audio digital memberikan kualitas pemutaran yang konsisten.
4.       Untuk menjalankan MIDI diperlukan pengetahuan tentang musik sedangkan digital audio tidak perlu.


Website Audio Free Royalty
1.       Freesound.org

Website ini menawarkan sound library non musik yang cukup lengkap. Kita bisa mendownload dengan cukup register/login ke akun web tersebut. Tentu saja harap diperhatikan masing-masing website memiliki akreditasi tertentu dalam penggunaan kontennya. Paling tidak dengan menyertakan sumber dalam kredit.
2.       Teknoaxe.com

Website indie yang menyediakan karya-karya musik bebas royalti bahkan untuk penggunaan komersil. Web ini juga mengeluarkan permission form untuk si pendownload.
3.       Jamendo.com

Jamendo salah satu favorit bagi banyak orang karena konten yang modern. sebagian besar dapat digunakan gratis untuk keperluan pribadi, namun ada juga pembelian lisensi untuk penggunaan profesional.


Solusi Mengurangi Tren Pembajakan


1.       Pangkas Harga CD Original

Pemerintah di negara berkembang harus meyakinkan dan melobby pihak artis dan produser musik yang ada di luar negeri maupun di dalam negeri untuk memotong harga CD Original yang mereka pasarkan di negara berkembang.Kami kira cara ini akan berfungsi jika pihak pemerintah dapat menjelaskan inti permasalahan yang terjadi sampai ke akar-akarnya pada para artis dan produser musik tersebut.Pasti mereka berpikir "Bukankah akan lebih baik jika kita mendapatkan keuntungan walaupun dalam jumlah yang tidak seberapa dibandingkan kita tidak mendapat keuntungan sepeserpun?" Ini lah inti manfaat dari solusi ini.
2.       Akomodir Para Penjual dan Pembajak DVD

Jika cara pertama telah berhasil diterapkan,langkah selanjutnya adalah pemerintah harus memanfaatkan momentum meningkatnya animo masyarakat terhadap CD Original pasca pemangkasan harga dengan membuka toko-toko CD Original di seluruh titik penting di Kota-kota.Dengan banyaknya toko yang dibuka tersebut pemerintah selanjutnya harus merangkul para penjual dan pembajak cd bajakan yang ada dan pekerjakan mereka semua di toko-toko baru CD Original tersebut.Jadi selain menekan angka pembajakan ke titik terendah,pemerintah juga berhasil mengakomodasi kebutuhan para pelaku pembajakan tersebut dengan cara yang benar.

3.       Kesadaran Individu
Semua usaha di atas tidak akan berfungsi secara efektif jika tidak di dukung pola pikiran yang baik dari individu-individu di masyarakat.Semua usaha tadi akan sia-sia jika masyarakat tetap memilih untuk membeli CD bajakan di bandingkan dengan CD Original yang telah dipangkas harganya tadi.Jadi semuanya kembali terhadap masing-masing individu.Apakah anda lebih memilih membeli CD Original untuk masa depan dunia yang lebih baik,ataukah anda tetap membeli CD bajakan karena harganya yang lebih murah dan semakin memperkeruh suasana dalam masalah ini?







Tidak ada komentar:

Posting Komentar